Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Tips Menulis: Ketik atau Tulis Tangan? Kenapa Tulis Tangan itu Penting? Menulis = Tulis Tangan, Bukan Mengetik!

Hallo para pembaca! Ada yang suka menulis? Pada postingan ini saya akan membagikan informasi dan tips cantik dalam menulis. Topik kali ini adalah Tips Menulis: Ketik atau Tulis Tangan? Lalu kenapa tulis tangan itu penting? 

Orang-orang Mesir jaman kuno menggunakan hieroglyphics atau tulisan berupa gambar di permukaan batu pada lebih dari 4.600 tahun yang lalu. Pada 2.800 tahun yang lalu, orang Mesir Kuno meggunakan alfabet Phoenician yang berupa simbol phonetics. Pada tahun 146 Sebelum Masehi, bangsa Romawi kuno menguasai Yunani. Mereka menemukan dan menggunakan alfabet Yunani yang kemudian tersebar luas di daerah Eropa lalu ke bagian Inggris. Seiring berjalannya waktu, jadilah 26 alfabet yang kini kita gunakan.

- A b c d e f g h I j k l m n o p q r s t u v w x y z -

"Jaman sekarang kan sudah ada komputer untuk mengetik! Kenapa harus peduli dengan tulisan tangan?"

Ada waktu dimana kalian harus memilih untuk menulis dengan tangan (tulis tangan) daripada mengetik, yaitu pada saat: 
1. Mencatat pelajaran di sekolah/kuliah
2. Ulangan / Ujian
3. Daftar belanja
4. Mengisi formulir
5. Menulis kartu ucapan ulang tahun dan surat cinta
6. Saat mati listrik!
 1. Mencatat Pelajaran di Sekolah dengan tulis tangan. Hal ini akan membuat kalian semakin mengingat tentang materi yang diterangkan oleh guru atau dosen. Karena saat tangan kita menulis, otak kita pada saat itu juga berpikir. Saat otak kita dan tangan/alat gerak kita bekerja secara bersamaan, kita akan lebih mudah mengingat dan juga menambah kemampuan kita dalam memaparkan kembali tentang apa yang kita dengar dan tulis. Selain itu, dengan membaca tulisan kita sendiri di buku catatan kita, kita akan mudah dalam menghafal dan mengingat dengan bantukan visual yang kita buat sendiri.

2. Saat ulangan atau ujian masa kini, walaupun sudah ada yang menggunakan digital. Di Negara Indonesia masih tetap menggunakan kertas dan pena sebagai media dari momok semua siswa dan mahasiswa ini. Yak, Ujian. Kalian harus menulis disuatu ulangan atau ujian tertentu, tulisan tangan di ujian juga mungkin akan menentukan nilai kalian.

3. Menulis daftar belanja di kertas. Dengan ini kalian akan lebih simple dalam mengingat barang-barang yang akan dibeli. Selain itu, mengingat tingginya tingkat kriminalitas di Indonesia, alangkah lebih baik jika menuliskan daftar belanjaan di suatu catatan daripada menggunakan smartphone yang dapat menarik perhatian para tindak kriminal. Apalagi saat kalian berbelanja ditempat yang sangat ramai.

4. Saat mengisi suatu formulir, kalian biasanya diminta untuk menuliskannya saat itu juga dan dengan menggunakan bolpen. Untuk formulir untuk mendaftar sesuatu, usahakanlah tulisan kalian dapat dibaca dan menarik, karena pasti pihak pencari peserta akan mempunyai kesan pertama dari tulisan. Untuk formulir berkaitan dengan administrasi, pastikan tulisan anda dapat dibaca dengan jelas.

5. Percaya atau tidak, pasangan kalian atau dambaan hati kalian akan lebih menyukai jika kalian menuliskan puisi kalian dengan tangan kalian sendiri. Memang sedikit repot, tetapi kalau sudah membahas surat cinta dan surat ulang tahun, tulisan tangan lebih menunjukkan bahwa kalian benar-benar menulisnya dari hati yang terdalam.

6. Saat mati listrik, tidak ada komputer? Laptop mati? Tulis dulu apa yang kalian butuhkan di selembar kertas dengan menggunakan bolpen atau pensil.

Kunci dalam menulis (tulis tangan) yaitu...
1. Dapat di baca
2. Kecepatan
3. Kenyamanan (Pastikan kalian harus dalam posisi yang nyaman saat sedang menulis) 

RAPI atau CEPAT?
adakalanya kalian harus menulis tangan (tulis tangan) dengan rapi atau cepat...

RAPI :
CEPAT
1. Saat membuat salinan suatu catatan
2. Saat membuat surat
3. Saat membuat kartu ucapan ulang tahun
4. Tapi....ini akan memakan waktu lebih lama...


     1. Saat mencatat pada waktu pelajaran
     2. Saat ulangan atau ujian
     3. Membuat rencana suatu cerita / draft.
 

Ingatlah bahwa tulisan tangan adalah keunikanmu dan juga bagian dari kepribadianmu. Buatlah gayamu sendiri! 


  
Labels: materi, menulis, text, tips, writing

Thanks for reading Tips Menulis: Ketik atau Tulis Tangan? Kenapa Tulis Tangan itu Penting? Menulis = Tulis Tangan, Bukan Mengetik!. Please share...!

0 Comment for "Tips Menulis: Ketik atau Tulis Tangan? Kenapa Tulis Tangan itu Penting? Menulis = Tulis Tangan, Bukan Mengetik!"

Back To Top