Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Tips dan Ide Unik Membuat Cerita Science Fiction (Sci-Fi) atau Fiksi Ilmiah

Hallo para pembaca! Lagi-lagi saya akan membagika tips menulis bagi kalian yang gemar mengarang cerita nih. Sebelumnya sudah tau apa itu cerita science fiction (sci-fi) atau fiksi ilmiah?
Fiksi ilmiah adalah suatu bentuk fiksi spekulatif yang terutama membahas tentang pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan terhadap masyarakat dan para individual. Batasan dari genre ini tidak pernah diterangkan dengan jelas, dan garis pembatas antara sub-genre-nya tidaklah tetap. Banyak yang menyingkatkan kata fiksi ilmiah "sci-fi" (bahasa Inggris: science fiction) atau "SF".
Banyak sekali karya-karya beraliran scince fiction atau fiksi ilmiah, baik karya tulis ataupun karya visual seperti film dan drama. Banyak sekali novel beraliran fiksi ilmiah yang laku di masyarakat, tidak hanya masyarakat yang suka dengan fiksi saja, namun karena cerita yang menarik, bisa membuat pembaca seluruh dunia tertarik dengan ceritanya, sebagai contoh novel Harry Potter, Hunger Games, dan Twilight.
Beberapa tips atau ide dari saya ini tentang membuat cerita science fiction (sci-fi) atau fiksi ilmiah semoga dapat membantu dan memberi kalian pencahayaan dalam proses mengarang suatu cerita science fiction (sci-fi) atau fiksi ilmiah.

1. Cerita Science Fiction (Sci-Fi) atau Fiksi Ilmiah biasanya melibatkan petualangan luar angkasa!
Ufo, Rocket, Pesawat Luar angkasa merupakan bumbu utama ketika kalian ingin membuat cerita science fiction (Sci-Fi) atau fiksi ilmiah yang berlatarkan luar angkasa atau bertema petualangan luar angkasa. Buatlah nama-nama pesawat luar angkasa yang unik, dan pikirkan desain pesawat yang menakjubkan. Selain nama pesawat, pikirkan pula nama instansi atau nama grup yang mungkin tokoh utama kalian berperan penting di dalamnya. Pikirkan pula tujuan petualangan luar angkasa dari cerita mu! Kalian bisa mengarang nama-nama planet atau nama-nama benda luar angkasa kalian, buatlah sesuatu yang membuat para pembaca berimajinasi tinggi sampai ke luar angkasa ya guys!

2. Terkadang akan ada karakter alien! 
Bukan Science Fiction namanya jika tidak ada suatu khayalan tingkat tinggi yang berhubungan dengan semesta. Buatlah karakter alien dengan sifat dan fisik yang unik. Semakin liar karakter alien kalian, semakin seru pula cerita yang akan dibangun dalam cerita fiksi ilmiah kalian. Cukup banyak cerita science fiction (sci-fi) atau fiksi ilmiah yang melibatkan mahkluk spesial bernama 'alien'. Adanya alien dalam karya fiksi ilmiah mungkin sudah cukup pasaran di masyarakat, adapula beberapa orang yang tidak suka dengan alien. Jadi, kalian tidak harus menggunakan karakter alien dalam membuat karya cerita fiksi ilmiah. Adanya 'alien' disuatu cerita sudah mengindikasikan bahwa cerita itu merupakan cerita science fiction atau fiksi ilmiah.

3. Karakter Robot juga menantang lho!
Robot atau Karakter yang hidup menggunakan mesin juga salah satu hal yang boleh kalian tambahkan pada rencana karya fiksi ilmiah/science fiction kalian... Buatlah bentuk fisik robot dan juga pikirkan pula jenis senjata dan kelebihan karakter kalian. Robot tidak harus raksasa, bisa juga robot yang berbentuk manusia atau menyerupai hewan.

4. Beranikan diri untuk bermain dengan perjalanan waktu.
Membahasa tentang cerita science fiction (sci-fi) atau fiksi ilmiah, kembali ke masa lalu atau mengunjungi masa depan adalah hal yang cukup menarik untuk di imajinasikan. Buatlah suatu rencana cerita perjalanan waktu, siapa karakternya, apa tujuan mereka melakukan perjalanan waktu dan akan ada apa saja di waktu yang mereka kunjungi. Kalian bisa menggunakan jurus mengarang tingkat tinggi pada hal ini, pikirkan hal-hal yang akan jarang dipikirkan manusia tentang apa saja yang akan terjadi di masa depan atau apa saja yang telah terjadi di masa lalu.

Labels: cerita, cerita pendek, fiction, fiksi, tips, tips menulis, writing

Thanks for reading Tips dan Ide Unik Membuat Cerita Science Fiction (Sci-Fi) atau Fiksi Ilmiah. Please share...!

0 Comment for "Tips dan Ide Unik Membuat Cerita Science Fiction (Sci-Fi) atau Fiksi Ilmiah"

Back To Top