Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Contoh Narrative Text Bahasa Inggris Mitos : Thor and His Hammer

Di blog ini saya akan menuliskan beberapa contoh text narrative atau contoh narrative text singkat  dengan judul : Thor and His Lost Hammer. Cerita ini tergolong Mitos karena menceritakan tentang Thor, dewa petir. Tapi sebelum kita lanjut ke kompilasi contoh narrative text mitos ini, mari kita bahas sedikit tentang narrative text dan mitos. Semua yang belajar Bahasa Inggris pasti sudah tahu atau paling tidak pernah mendengar kata Narrative Text sebelumnya. Narrative Text dalam bahasa Inggris merupakan jenis teks bahasa inggris yang sering muncul dan di ajarkan pada tingkat pendidikan SMP atau SMA. Tapi apa sih sebenarnya Narrative Text itu?
Narrative Text adalah teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan sesuatu yang imajinatif atau sesuatu yang hanya khayalan belaka dan tujuannya hanya untuk menghibur pembaca. Narrative text dapat berupa fabel, fantasy, romance, atau adventure.

Apa itu Narrative Text?
Narrative Text merupakan sebuah teks atau cerita mengenai serangkaian peristiwa yang saling berhubungan, yang disajikan secara berurutan dari awal ke akhir cerita baik secara lisan atau tulisan, dan/atau dengan gambar yang juga disajikan secara berurutan (kronologis).

Apa tujuan dari narrative text?
The purpose (tujuan) dari Narrative Text adalah to amuse or entertain the readers. Yang artinya, tujuan dari teks narasi (Narrative Text) adalah untuk menghibur para pembaca. Dengan menampilkan konflik yang menarik di bagian tengah dari sebuah teks narasi, para pembaca akan terhibur dan akan menjadi penarasan sehingga mereka akan membaca cerita tersebut hingga selesai. Kebanyakan karya teks naratif atau narrative text memiliki susunan grammar yang kurang diperhatikan, padahal dalam menciptakan atau membuat suatu karya tulis dalam Bahasa Inggris, grammar dan susunan kata lah yang harus paling diperhatikan. Berikut beberapa contoh atau kompilasi contoh narrative text mitos.

Apa saja General Structures pada Narrative Text?
1. Orientation: Pembukaan dalam narrative text yang menceritakan tokoh-tokoh yang berperan, dimana, dan kapan cerita tersebut terjadi. Orientation terdapat pada awal dari suatu teks.
2. Complication: Pada bagian ini, permasalahan dalam cerita mulai muncul hingga menuju pada klimaksnya. Biasanya konflik yang terjadi melibatkan tokoh utamanya. Hal-hal apa saja yang menimmpa tokoh serta kejadian-kejadian apa saja yang ada pada cerita.
3. Resolution: Pada bagian ini, masalah yang terjadi diselesaikan, baik dengan akhir yang bahagia maupun sedih. Akan terdapat jalan keluar atau hasil dari permasalahan yang telah di jabarkan. Merupakan kesimpulan dari rangkaian kejadian-kejadian yang di alami oleh tokoh.
4. Re-orientation/Coda: Bagian ini boleh ditulis, boleh juga tidak. Coda berisikan kalimat penutup cerita, seperti nilai moral, nasehat, atau pesan dari sang penulis.

Mitos?
Cerita prosa yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian umum, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. 

Thor and His Lost Hammer
Thor, the Thunder God, running into the countryside. “I’ve lost my mighty hammer!” he shouted. Thor’s hammer was magic and sacred, it's called Mjolnir. It could kill an army with just a blow! It could bring peace to the world!
Thor’s father, Odin, the King of the Gods was angry and said, “We must get the hammer back!” Everyone in the Asgard looked for Mjolnir, but it was no where to be found.
Suddenly, a servant ran approaching Thor, “The Frost Giant, Thrym has the hammer!”
“But Thrym is evil! He will never give it back. What shall we do?” screamed Odin.  "We have to fight!", answered Thor.

Thor quickly gathered his army and choose his best weapon. Thor prepared his armor and he was ready to war. "Everyone, listen to me! You are here for Asgard, you are fight for me!", Thor explained to his army, and they answered with out loud "Yeaaah!!". Thor and his army went to the Frozen Forest, a place where the Frost Giant lived. Thor and his army passed many obstacles in the forest. They wandered the Frozen Forest thoroughly. Finally, they found the Giant's lair. It was made of metal and full of ice!.

"Everyone, Attack!", screamed Thor. The army battled the Giant, but the Giant was very strong. The Giant targeted Thor, he cam to Thor and he attacked Thor with his fist. Thor was smart enough, he could evade the Giant. With just a second, Thor slayed the Giant with his Lightning Sword. Then, the Giant was melted. "Nooooo!", the giant screamed and he became water. No more giant.

After that battle, Thor and his remaining army found Mjolnir inside a cave in the Giant's lair. Thor came back to the Palace of Asgard. He annouced to the people that Mjolnir was found. Odin was happy, because he could able to see Thor after the great battle with the Giant.

Contoh Narrative text mitos Thor and His Hammer di atas cukup mudah di mengerti bukan? Kalian bisa mengadaptasi contoh di atas untuk keperluan sekolah atau kuliah. Jangan lupa untuk menyantumkan sumber jika kalian mengadaptasinya untuk suatu keperluan.

BACA PULA CONTOH-CONTOH TEKS NARRATIVE 

TIPS DAN MATERI BAHASA INGGRIS INDONESIA YANG MUDAH

Labels: bahasa inggris, contoh, contoh teks, mitos, narrative text

Thanks for reading Contoh Narrative Text Bahasa Inggris Mitos : Thor and His Hammer. Please share...!

0 Comment for "Contoh Narrative Text Bahasa Inggris Mitos : Thor and His Hammer"

Back To Top