For you!
Postingan ini berisikan RPP atau RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 Terbaru Bahasa Inggris tentang Teks Surat Pribadi yang dibuat oleh mahasiswa FKIP UNS (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Pada
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 terbaru bahasa Inggris tentang teks surat pribadi ini terdapat skenario pembelajaran yang dapat dipraktekkan oleh para calon guru.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 terbaru bahasa Inggris tentang teks surat pribadi ini terdapat skenario pembelajaran yang dapat dipraktekkan oleh para calon guru.
--------------------------------------
Mata
Pelajaran: Bahasa Inggris
Satuan
Pendidikan: SMA / SMK
Kelas
/ Semester: XI / 2
Materi
Pokok: Teks surat pribadi
Alokasi
Waktu: 2 x 45 Menit
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi
dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.6.1 Siswa
mampu mencari perbedaan fungsi sosial (tujuan komunikatif), struktur teks dan unsur kebahasaan terkait teks surat pribadi dalam menjalin hubungan interpersonal dan akademik antar
peserta didik, guru dan sekolah.
3.6.2 Siswa mampu mencari perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks surat pribadi dan surat
yang bersifat bukan pribadi (surat resmi).
3.6.3 Siswa mampu mengidentifikasi unsur
kebahasaan dalam teks surat pribadi.
3.6.4 Siswa
mampu mengidentifikasi ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam teks surat pribadi
3.6.5 Siswa
mampu mengidentifikasi bagian-bagian
(struktur teks) pada teks surat pribadi.
4.6 Menyusun
teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang
sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.6.1 Siswa mampu menyebutkan kosakata terkait teks surat pribadi.
4.6.2 Siswa
mampu menyusun kalimat dengan spelling, grammar dan punctuation yang benar.
4.6.3 Siswa
mampu membuat outline dalam menyusun teks surat pribadi sesuai konteks dengan menggunakan
bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
4.6.4 Siswa
mampu mengembangkan outline menjadi suatu teks surat pribadi.
4.6.5 Siswa
mampu menyusun teks surat pribadi dengan struktur dan pola kalimat yang benar.
A. Skenario
Pembelajaran
Pengetahuan:
1. Siswa
membaca, mengamati contoh teks surat pribadi yang di tunjukkan oleh guru,
berfokus pada fungsi sosialnya. (Siswa menyebutkan fungsi social teks surat pribadi)
2. Siswa
membaca dan mengamati 2 contoh teks surat yang berbeda (Pribadi dan
Non-Pribadi)
3. Siswa
membaca, mengamati contoh teks surat yang di tunjukkan oleh guru, berfokus pada
unsur kebahasaan. (Siswa menyebutkan karakteristik/sifat bahasa yang digunakan pada
teks surat pribadi)
4. Siswa
membaca, mengamati contoh teks surat yang di tunjukkan oleh guru, berfokus pada
struktur teks. (Siswa menyebutkan bagian-bagian pada teks surat pribadi)
5. Siswa
menyimak dan mengamati ulasan guru tentang nama bagian-bagian yang terdapat pada
teks surat pribadi (Konfirmasi)
6. Siswa
mengamati, menganalisa dan mengutarakan pendapat/menyebutkan perbedaan teks surat
pribadi dan non-pribadi dari segi unsur kebahasaan dan struktur teks.
7. Siswa
mengutarakan pendapat/menyebutkan ciri-ciri teks surat pribadi (darikosa kata,
grammar, tata bahasa, tanda baca, dsb)
8. Siswa
menyimak dan mengamati ulasan guru tentang perbedaan teks surat pribadi dan
non-pribadi (Konfirmasi)
9. Siswa
menyimak dan mengamati ulasan guru tentang ciri-ciri surat pribadi.
(Konfirmasi)
Kerja
dalam grup, setiap grup terdiri atas 3 orang dan mendapat 1 contoh teks surat pribadi.
1.
Siswa membaca, mengamati,
menganalisa tekss urat pribadi, juga memberi tanda atau menuliskan nama bagian teks
pada teks surat pribadi.
2.
Siswa membaca hasil analisa
yang yang mereka temukan kepada guru dan teman-teman.
3.
Siswa mendengarkan konfirmasi
jawaban dari guru yang berkaitan tentang teks yang diberikan.
Keterampilan:
Pre-
1.
Siswa diberi situasi untuk
membuat 1 teks surat pribadi yang dikerjakan bersama-sama satu kelas dengan bimbingan
guru.
2.
Siswa menyebutkan danmenuliskanbeberakosa
kata yang terkait dengan situasi tekssuratpribadiyang diberikan guru.
3.
Siswa bersama sama membuat
outline dari teks suratpribadi.
4.
Siswa mengembangkan
outline teks surat pribadi dengan bimbingan guru.
5.
Siswa mendengarkan dan mencermati
konfirmasidari guru tentang teks surat pribadi yang telahdi buat.
Whilst
6.
Setiap siswa mendapat 1
situasi dari Guru untuk membuat teks surat pribadi
7.
Siswa menentukan dan menuliskan
beberapa kosa kata yang berkaitan dengan situasi yang mereka terima.
8.
Siswa membuat outline daritekssuratpribadi
9.
Siswa diberi kesempatanuntukm
enanyakan kosa kata dan outline yang telah mereka buat kepada guru.
10. Siswa
mengembangkan outline yang telah mereka buatmenja disebuaht ekssurat pribadi.
Post
11. Siswa
mempresentasikan teks surat pribadi yang mereka buat kepada Guru dan teman-teman.
12. Siswa
mendapat konfirmasidari Guru tentang teks surat pribadi yang telah mereka buat
Review
1.
Siswa menyebutkan apa
yang telah mereka pelajari hari itu
2.
Siswa menyebutkan topic
apa yang di pelajari hari itu
3.
Siswa diminta menyebutkan
apa saja karakteristik yang terdapat pada teks suratpribadi seperti tujuan,
bagian-bagian penting, dan kosa kata yang digunakan.
Semoga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 terbaru bahasa Inggris tentang teks surat pribadi ini dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 terbaru bahasa Inggris tentang teks surat pribadi ini dapat digunakan untuk melatih kreatifitas dalam membuat RPP dan juga model pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 terbaru bahasa Inggris tentang teks surat pribadi ini merupakan tugas wajib bagi seorang calon guru sebelum mengajar.
Labels:
bahasa inggris,
hack,
materi,
RPP
Thanks for reading RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 Terbaru Bahasa Inggris Teks Surat Pribadi FKIP UNS dari Guru untuk Siswa. Please share...!
0 Comment for "RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 Terbaru Bahasa Inggris Teks Surat Pribadi FKIP UNS dari Guru untuk Siswa"