Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Review Contoh Announcement Text Karya SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Kelas 10 Bahasa 2

Siang para pembaca! Lagi-lagi kali ini saya akan membagikan contoh sekaligus review dari suatu Announcement Text.

Dalam kehidupan manusia sehari-hari, kita semua pasti pernah mendengar atau bahkan melihat sebuah teks pengumuman di depan kelas, pinggir jalan atau di tempat umum. Kata Pengumuman dalam bahasa Inggris disebut dengan 'Announcement'. Materi announcement text ini merupakan materi wajib bagi siswa kelas X SMA, karena termasuk dalam silabus. Materi ini cukup mudah untuk dipelajari, akan tetapi butuh waktu secara bertahap untuk dapat membuat atau memproduksi suatu teks announcement.

Announcement Text atau teks announcement adalah sebuah functional text atau teks yang memiliki suatu fungsi atau tujuan yang menunjukkan pemberitahuan resmi atau tidak resmi dalam bentuk lisan atau tulisan yang berisikan suatu pesan dan informasi untuk diketahui oleh banyak orang, biasanya pengumuman dapat berupa sebuah ajakan. Kita dapat mendengar atau melihat Announcement dimana-mana seperti di majalah, koran, mading, tempat ibadah, tempat umum, Televisi, Radio, dan lain lain.

Jenis-Jenis Announcement ada bermacam-macam, contohnya Lowongan pekerjaan, Penerimaan murid baru, Pengumuman sebuah acara, Pemberitahuan dari pemerintah, Pengumuman Majalah dinding, pengumuman kejuaraan.

Secara umum dan sederhana, bagian-bagian atau Struktur dari Announcement Text, antara lain:
  • Judul (Title)
  • Tanggal/waktu (Date/time)
  • Tempat (Place)
  • Orang yang dapat di hubungi (Contact person)

Contoh kali ini datang dari teman-teman kita yang sedang belajar di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali, tepatnya Kelas 10 Bahasa. SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali ini berlokasi di daerah Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. Di postingan ini, kelompok lain akan memberikan contoh announcement text yang berbeda jenisnya.
Bagian yang saya review, saya tandai dengan coretan berwanrna merah. Mari kita lihat dan perhatikan bersama-sama..

(Gunakan versi web untuk melihat gambar dengan jelas)

Bagian pertama yang akan saya sorot adalah kalimat 'all student of', jangan lupa menambahkan 's' pada student, sehingga kalimat yang benar adalah 'all students of..' karena merupakan kata jamak. 

Yang kedua alangkah lebih baik jika kalimatnya disusun menjadi "in the celebration of...", jangan melupakan kata 'of' untuk menjelaskan milik siapa/tentang siapa suatu kejadian. In the celebration of.... , berarti perayaannya ....

Yang ketiga adalah salah penulisan atau spelling pada kata Wednesday. Jangan sampai lupa cara penulisan hari dalam bahasa Inggris ya guys!

Lalu, kata 'came' seharusnya menggunakan Verb original 'come'. Karena Verb 2 hanya dipakai untuk masa lampau saja.

Dan yang terakhir, jangan lupa menggunakan tanda seru ( ! ) dalam kalimat ajakan.

Dalam membuat teks announcement, pastikan kalian telah menuliskan tujuan penulisan, siapa yang membuat pengumuman itu dan kapan suatu kejadian akan terjadi. Dari contoh ini, sudah dituliskan tentang Hari, tanggal, dan dimana suatu acara akan dilaksanakan. Penulis juga memberikan informasi mengenai contact person dari pihak yang membuat pengumuman. Contact person dapat berupa nomor telepon atau email. Selain itu, setelah kalimat ajakan, pastikan bahwa kalian menggunakan tanda seru.

Untuk keseluruhan, hasil ini merupakan kreasi yang baik dari teman-teman kelas 10 Bahasa SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali.Semoga contoh announcement text karya SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Kelas 10 Bahasa ini dapat membantu kalian dalam proses belajar! Hayo? Siapa dari kalian para pembaca yang berasal dari Boyolali? Atau bahkan dari SMA N Negeri Ngemplak Boyolali?


Labels: announcement, bahasa inggris, contoh text, menulis, text

Thanks for reading Review Contoh Announcement Text Karya SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Kelas 10 Bahasa 2. Please share...!

0 Comment for "Review Contoh Announcement Text Karya SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Kelas 10 Bahasa 2"

Back To Top