Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Kompilasi Contoh Narrative Fabel Text Singkat Grammar Bagus dan General Structure : Noisy Rabbit and Humble Tortoise

Di blog ini saya akan menuliskan beberapa contoh atau kompilasi contoh narrative text singkat grammar bagus dan general structure yang berupa fable. Kompilasi contoh text fable dengan grammar bagus ini berjudul 'Noisy Rabbit and Humble Tortoise' yang berarti 'Kelinci Berisik dan Kura-kura rendah hari'.

Semua yang belajar Bahasa Inggris pasti sudah tahu atau paling tidak pernah mendengar kata Narrative Text sebelumnya. Narrative Text dalam bahasa Inggris merupakan jenis teks bahasa inggris yang sering muncul dan di ajarkan pada tingkat pendidikan SMP atau SMA. Tapi apa sih sebenarnya Narrative Text itu? 
Narrative Text adalah teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan sesuatu yang imajinatif atau sesuatu yang hanya khayalan belaka dan tujuannya hanya untuk menghibur pembaca. Narrative text dapat berupa fabel, fantasy, romance, atau adventure.

Lalu apa tujuan dari narrative text? 
The purpose (tujuan) dari Narrative Text adalah to amuse or entertain the readers. Yang artinya, tujuan dari teks narasi (Narrative Text) adalah untuk menghibur para pembaca. Dengan menampilkan konflik yang menarik di bagian tengah dari sebuah teks narasi, para pembaca akan terhibur dan akan menjadi penarasan sehingga mereka akan membaca cerita tersebut hingga selesai. Kebanyakan karya teks naratif atau narrative text memiliki susunan grammar yang kurang diperhatikan, padahal dalam menciptakan atau membuat suatu karya tulis dalam Bahasa Inggris, grammar dan susunan kata lah yang harus paling diperhatikan. Berikut beberapa contoh atau kompilasi contoh narrative text mitos. Contoh kali ini merupakan narrative text yang berupa fabel atau fable dalam bahasa Inggris. Cerita 

Fabel adalah cerita rakyat yang difungskan sebagai media hiburan sekaligus pendidikan, terutama di tujukan untuk anak anak. Cerita jenis ini lebih diperankan oleh hewan yang dikisahkan dalam bentuk cerita pendek. Negara Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak cerita jenis fabel. Selain itu, bisa dikatakan bahwa Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Cerita tersebut tidak mungkin kisah nyata. Fabel adalah cerita fiksi, maksudnya khayalan belaka. Kadang fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Secara etimolgis fabel berasal dari bahasa latin kata fabulat. cerita fabel merupakan cerita tentang kehidupan hewan yang menyerupai manusia. Cerita fabel termasuk jenis cerita fiksi bukan cerita tentang kehidupan nyata, cerita fabel disebut juga cerita moral karena pesan yang ada didalam cerita fabel mengandung moral. 

Apa saja General Structures pada Narrative Text?

1. Orientation: Pembukaan dalam narrative text yang menceritakan tokoh-tokoh yang berperan, dimana, dan kapan cerita tersebut terjadi. Orientation terdapat pada awal dari suatu teks.
2. Complication: Pada bagian ini, permasalahan dalam cerita mulai muncul hingga menuju pada klimaksnya. Biasanya konflik yang terjadi melibatkan tokoh utamanya. Hal-hal apa saja yang menimmpa tokoh serta kejadian-kejadian apa saja yang ada pada cerita.
3. Resolution: Pada bagian ini, masalah yang terjadi diselesaikan, baik dengan akhir yang bahagia maupun sedih. Akan terdapat jalan keluar atau hasil dari permasalahan yang telah di jabarkan. Merupakan kesimpulan dari rangkaian kejadian-kejadian yang di alami oleh tokoh.
4. Re-orientation/Coda: Bagian ini boleh ditulis, boleh juga tidak. Coda berisikan kalimat penutup cerita, seperti nilai moral, nasehat, atau pesan dari sang penulis.


Kebanyakan karya teks naratif atau narrative text memiliki susunan grammar yang kurang diperhatikan, padahal dalam menciptakan atau membuat suatu karya tulis dalam Bahasa Inggris, grammar dan susunan kata lah yang harus paling diperhatikan. Berikut contoh atau kompilasi contoh narrative text singkat grammar bagus dan general structure yang berupa fable

Noisy Rabbit and Humble Tortoise
It was time once again for the Annual Jungle Race. All of the forest animals were very excited about competing in the race and winning the precious trophy. It was a great honour to win such an award so all kinds of animal had signed up to take part. However, at the starting line of the race, many of the signed up animals changed their mind and decided not to race, and why? Well, it was Rabbit. He had turned up to run the race but could not help himself in boasting to everyone else that he was the best at everything and that he was going to win.
Tortoise, however, stood firm on the starting line and waited to start the race, ignoring Rabbit. “Huh!” grunted Rabbit, “I could beat you in my sleep. You’re so slow you could never win anything!” But Tortoise remained still and ready. The whistle blew and the two contestants set off, Rabbit went tearing ahead, leaving Tortoise moving very slowly and carefully through a big cloud of dust. Rabbit had only been running for five minutes when he stopped and looked behind him. Tortoise was nowhere to be seen. “I can have a rest while I’m waiting for that lump to catch up with me!” he huffed and lay under a shady tree. 

Rabbit dozed off in the cool of the trees and was in a deep, deep sleep when Tortoise came dawdling by slowly as can be. He looked at the dreaming Rabbit and gave a quiet little chuckle. “Such a boaster,” he whispered to himself and kept wandering on by. Some time later, Rabbit awoke. It was dusk! He had to hurry! He was still sure that Tortoise would be nowhere near the finish line. He dusted himself down and set off at a sprint. What did he see as he neared the finish line? Tortoise was just setting foot over that winning line and the other animals were cheering wildly as he slowly reached the trophy.

Moral Value dari cerita fable ini adalah, selalu siap menang setiap saat. Bisa juga, tidak boleh menyombongkan diri. Semoga kompilasi atau contoh narrative text singkat fabel grammar bagus dan general structure ini bisa membantu kalian.

CONTOH-CONTOH TEKS NARRATIVE 

TIPS DAN MATERI BAHASA INGGRIS INDONESIA

Labels: contoh text, dongeng, fable, narrative

Thanks for reading Kompilasi Contoh Narrative Fabel Text Singkat Grammar Bagus dan General Structure : Noisy Rabbit and Humble Tortoise. Please share...!

0 Comment for "Kompilasi Contoh Narrative Fabel Text Singkat Grammar Bagus dan General Structure : Noisy Rabbit and Humble Tortoise"

Back To Top