Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Permainan Seru Untuk Model Pembelajaran Teks Announcement Collaborative Learning kelas X

Salah satu aktifitas yang dapat digunakan adalah Penerapan Words Puzzle dalam Pembelajaran Teks Announcement. Aktifitas ini termasuk dalam Collaborative Learning, dimana 2 orang atau lebih bekerja bersama dalam memahami materi, mencari solusi atau membuat suatu karya terkait topic pembelajaran.
Model pembelajaran dapat diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Jadi, sebenarnya model pembelajaran memiliki arti yang sama dengan pendekatan, strategi atau metode pembelajaran. Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai macam model pembelajaran, dari yang sederhana sampai model yang agak kompleks dan rumit karena memerlukan banyak alat bantu dalam penerapannya
Permainan puzzle adalah suatu permainan yang bertujuan untuk memecahkan masalah. Permainan seru ini mernggunakan kemampuan berpikir logis dan kreatifitas siswa. Puzzle adalah tipe permainan yang melibatkan pemikiran seseorang tentang pengenalan suatu pola, pemecahan rangkaian atau urutan, dan juga pelengkapan kalimat Words Puzzle yang saya buat ini merupakan kombinasi dari permainan dan bahan ajar. Permainan ini dapat tergolong dalam metode Collaborative Learning
Puzzle utuh yang harus dibentuk adalah suatu susunan teks announcement. Bagian-bagian dari puzzle merupakan potongan-potongan bagian dari teks announcement. Pada aktifitas permainan words puzzle, siswa di bagi menjadi 5-6 kelompok. Siswa menyusun bagian-bagian dari teks ann
ouncement dan mengurutkannya sehingga menjadi suatu teks announcement. Tiap bagian dari pengumuman ini akan di gunting / di pisahkan, siswa (bekelompok) akan menyusun agar menjadi suatu teks. Lalu siswa mencari dan menuliskan contoh kalimat beserta tenses/unsur kebahasaan yang ada dalam announcementnya. Siswa juga menuliskan kata/vocabulary apa saja yang belum mereka mengerti, lalu mencoba mencari artinya dengan kamus.
Kalian bisa membuat sendiri teks announcement, lalu membagi-bagi teks announcement tersebut menjadi beberapa bagian.
Kalimat yang saya beri garis bawah adalah suatu jenis tense yang harus di temukan jenisnya oleh para siswa.
Collaborative Learning terjadi saat siswa dalam suatu kelompok saling berdiskusi untuk menggabungkan, dan mencari nama bagian serta tense yang ada dalam teks announcement.

Semoga postingan saya tentang permainan seru untuk model pembelajaran Teks Announcement yang bersifat Collaborative Learning ini dapat berguna bagi kalian, terutama para calon pengajar.

Berikut contoh-contoh announcement text yang dapat kalian gunakan dalam membuat aktifitas ini,
-----------------


ATTENTION PLEASE!

Our school will have Some Competition that will be held on 19 August 2017 to celebrate Indonesian’s Independence day. There are Running, swimming, and many other competition.

Registration will be held on 15th-18th August at the Osis room.

Free Registration and full of prize!

For More Information contact our  Osis chairperson.

----------------
Announcement
This is an assignment for all students of 9 grades. Prepare your library card and then borrow an English magazine. Then find an English article about school activity.

The assignment must be submitted it next week, September 13th 2017.

For more information, feel free to ask Mr. Alex in teacher’s room.

Mr. Alex
-----------
For all students of SMAN 1 Blora, we will hold a School Anniversary.
Day:  Monday - Tuesday
Date: 17 July 2012
Time: 08.00 – 12.00 a.m
Each class must participate in the following contest :
     Classroom Cleanness
     Speech Contest
     Cooking Contest
The contest will be judged by the Teachers.
For further information,  please contact Mr. Susanto



Labels: announcement, bahan ajar, bahasa inggris, RPP

Thanks for reading Permainan Seru Untuk Model Pembelajaran Teks Announcement Collaborative Learning kelas X. Please share...!

0 Comment for "Permainan Seru Untuk Model Pembelajaran Teks Announcement Collaborative Learning kelas X"

Back To Top