Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Kompilasi Contoh Narrative Fabel Text Singkat Grammar Bagus dan General Structure : The Foolish Jaguar

Di postingan ini saya akan menuliskan beberapa contoh atau kompilasi contoh narrative text singkat grammar bagus dan general structure yang berupa fable. Kompilasi contoh text fable dengan grammar bagus ini berjudul 'The Foolish Jaguar' yang berarti 'Si Jaguar yang Bodoh'. Ada banyak teks naratif atau narrative text memiliki susunan grammar yang kurang tepat, padahal dalam membuat suatu teks dalam Bahasa Inggris, grammar dan susunan kata lah yang harus paling diperhatikan. Berikut contoh atau kompilasi contoh narrative text singkat grammar bagus dan general structure yang berupa fable.

Semua yang belajar Bahasa Inggris pasti sudah tahu atau paling tidak pernah mendengar kata Narrative Text sebelumnya. Narrative Text dalam bahasa Inggris merupakan jenis teks bahasa inggris yang sering muncul dan di ajarkan pada tingkat pendidikan SMP atau SMA. Tapi apa sih sebenarnya Narrative Text itu? 
Narrative Text adalah teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan sesuatu yang imajinatif atau sesuatu yang hanya khayalan belaka dan tujuannya hanya untuk menghibur pembaca. Narrative text dapat berupa fabel, fantasy, romance, atau adventure.

Lalu apa tujuan dari narrative text? 
The purpose (tujuan) dari Narrative Text adalah to amuse or entertain the readers. Yang artinya, tujuan dari teks narasi (Narrative Text) adalah untuk menghibur para pembaca. Dengan menampilkan konflik yang menarik di bagian tengah dari sebuah teks narasi, para pembaca akan terhibur dan akan menjadi penarasan sehingga mereka akan membaca cerita tersebut hingga selesai. Kebanyakan karya teks naratif atau narrative text memiliki susunan grammar yang kurang diperhatikan, padahal dalam menciptakan atau membuat suatu karya tulis dalam Bahasa Inggris, grammar dan susunan kata lah yang harus paling diperhatikan. Berikut beberapa contoh atau kompilasi contoh narrative text mitos. Contoh kali ini merupakan narrative text yang berupa fabel atau fable dalam bahasa Inggris. Cerita 

Fabel adalah cerita rakyat yang difungskan sebagai media hiburan sekaligus pendidikan, terutama di tujukan untuk anak anak. Cerita jenis ini lebih diperankan oleh hewan yang dikisahkan dalam bentuk cerita pendek. Negara Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak cerita jenis fabel. Selain itu, bisa dikatakan bahwa Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Cerita tersebut tidak mungkin kisah nyata. Fabel adalah cerita fiksi, maksudnya khayalan belaka. Kadang fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Secara etimolgis fabel berasal dari bahasa latin kata fabulat. cerita fabel merupakan cerita tentang kehidupan hewan yang menyerupai manusia. Cerita fabel termasuk jenis cerita fiksi bukan cerita tentang kehidupan nyata, cerita fabel disebut juga cerita moral karena pesan yang ada didalam cerita fabel mengandung moral. 

Apa saja General Structures pada Narrative Text?

1. Orientation: Pembukaan dalam narrative text yang menceritakan tokoh-tokoh yang berperan, dimana, dan kapan cerita tersebut terjadi. Orientation terdapat pada awal dari suatu teks.
2. Complication: Pada bagian ini, permasalahan dalam cerita mulai muncul hingga menuju pada klimaksnya. Biasanya konflik yang terjadi melibatkan tokoh utamanya. Hal-hal apa saja yang menimmpa tokoh serta kejadian-kejadian apa saja yang ada pada cerita.
3. Resolution: Pada bagian ini, masalah yang terjadi diselesaikan, baik dengan akhir yang bahagia maupun sedih. Akan terdapat jalan keluar atau hasil dari permasalahan yang telah di jabarkan. Merupakan kesimpulan dari rangkaian kejadian-kejadian yang di alami oleh tokoh.
4. Re-orientation/Coda: Bagian ini boleh ditulis, boleh juga tidak. Coda berisikan kalimat penutup cerita, seperti nilai moral, nasehat, atau pesan dari sang penulis.



 'The Foolish Jaguar'
In a forest in the Africa, there lived a jaguar. He had grown old and could not run fast anymore. As days went by it became more and more difficult for him to hunt.  

One day while he was wandering through the forest in search of food, he came across a cave. He peeped in and smelt the air inside the cave. “Some animal must be staying here," he said to himself. He crept inside the cave only to find it empty. “I will hide inside and wait for the animal to return," he thought.  

The cave was the home of a hyena. Everyday, the hyena would go out in search of food and return to the cave in the evening to rest. That evening, the hyena after having his meal started towards home. But as he came closer, he felt something wrong. Everything around him very quiet. “Something is wrong," the hyena said to himself. “Why are all the birds and insects so silent?"  

Very slowly and cautiously, he walked towards his cave. He looked around him, watching for any signs of danger. As he got closer to the mouth of the cave, all his instincts alerted him of danger. “I have to make sure that everything is alright," thought the hyena. Suddenly, he thought of a plan.
The clever hyena called out to the cave. “Hello my good cave, what happened to you today? Why are you so quiet?"
 

The hyena’s voice echoed deep inside the cave. The jaguar, who by now could control his hunger no longer, thought to himself, “I think it is because I am here that the cave is silent. Before the hyena realises that something is wrong, I should do something."  

The hyena continued to call out, “Have you forgotten our agreement cave? You are supposed to greet me when I return home." The jaguar tried to make his voice sound hollow and called out from within the cave, “Welcome home my friend."  

The birds chirped loudly and flew away on hearing the jaguar’s roar. As for the hyena, he shook with fear. Before the hungry jaguar could pounce on him and eat him up, the hyena ran for his dear life as fast as his legs could carry him.  

The jaguar waited for a long while for the hyena to enter the cave. But when the hyena did not come in, the jaguar realised that he had been fooled. He cursed himself for his foolishness that made him lose a prey.

Semoga kompilasi atau contoh narrative text singkat fabel grammar bagus dan general structure ini bisa membantu kalian.

CONTOH-CONTOH TEKS NARRATIVE  

TIPS DAN MATERI BAHASA INGGRIS INDONESIA

Labels: bahasa inggris, cerita pendek, contoh text, narrative, narrative text, text

Thanks for reading Kompilasi Contoh Narrative Fabel Text Singkat Grammar Bagus dan General Structure : The Foolish Jaguar. Please share...!

0 Comment for "Kompilasi Contoh Narrative Fabel Text Singkat Grammar Bagus dan General Structure : The Foolish Jaguar"

Back To Top