Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

4 Contoh Narrative Text Fable Bahasa Inggris Grammar Bagus dan General Structure : Eagle and the Unlucky Canary

Di blog ini saya akan menuliskan beberapa contoh - contoh narrative text singkat grammar bagus dan general structure yang berupa fable.Contoh - contoh text fable bahasa Inggris dengan grammar bagus ini berjudul 'Eagle and the Unlucky Canary' yang berarti 'Si Elang dan Kenari yang tak Beruntung'.

Semua yang belajar Bahasa Inggris pasti sudah tahu atau paling tidak pernah mendengar kata Narrative Text sebelumnya. Narrative Text dalam bahasa Inggris merupakan jenis teks bahasa inggris yang sering muncul dan di ajarkan pada tingkat pendidikan SMP atau SMA. Tapi apa sih sebenarnya Narrative Text itu? 
Narrative Text adalah teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan sesuatu yang imajinatif atau sesuatu yang hanya khayalan belaka dan tujuannya hanya untuk menghibur pembaca. Narrative text dapat berupa fabel, fantasy, romance, atau adventure.

Lalu apa tujuan dari narrative text? 
The purpose (tujuan) dari Narrative Text adalah to amuse or entertain the readers. Yang artinya, tujuan dari teks narasi (Narrative Text) adalah untuk menghibur para pembaca. Dengan menampilkan konflik yang menarik di bagian tengah dari sebuah teks narasi, para pembaca akan terhibur dan akan menjadi penarasan sehingga mereka akan membaca cerita tersebut hingga selesai. Kebanyakan karya teks naratif atau narrative text memiliki susunan grammar yang kurang diperhatikan, padahal dalam menciptakan atau membuat suatu karya tulis dalam Bahasa Inggris, grammar dan susunan kata lah yang harus paling diperhatikan. Berikut beberapa contoh atau kompilasi contoh narrative text mitos. Contoh kali ini merupakan narrative text yang berupa fabel atau fable dalam bahasa Inggris. Cerita 

Fabel adalah cerita rakyat yang difungskan sebagai media hiburan sekaligus pendidikan, terutama di tujukan untuk anak anak. Cerita jenis ini lebih diperankan oleh hewan yang dikisahkan dalam bentuk cerita pendek. Negara Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak cerita jenis fabel. Selain itu, bisa dikatakan bahwa Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Cerita tersebut tidak mungkin kisah nyata. Fabel adalah cerita fiksi, maksudnya khayalan belaka. Kadang fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Secara etimolgis fabel berasal dari bahasa latin kata fabulat. cerita fabel merupakan cerita tentang kehidupan hewan yang menyerupai manusia. Cerita fabel termasuk jenis cerita fiksi bukan cerita tentang kehidupan nyata, cerita fabel disebut juga cerita moral karena pesan yang ada didalam cerita fabel mengandung moral. 

Apa saja General Structures pada Narrative Text?

1. Orientation: Pembukaan dalam narrative text yang menceritakan tokoh-tokoh yang berperan, dimana, dan kapan cerita tersebut terjadi. Orientation terdapat pada awal dari suatu teks.
2. Complication: Pada bagian ini, permasalahan dalam cerita mulai muncul hingga menuju pada klimaksnya. Biasanya konflik yang terjadi melibatkan tokoh utamanya. Hal-hal apa saja yang menimmpa tokoh serta kejadian-kejadian apa saja yang ada pada cerita.
3. Resolution: Pada bagian ini, masalah yang terjadi diselesaikan, baik dengan akhir yang bahagia maupun sedih. Akan terdapat jalan keluar atau hasil dari permasalahan yang telah di jabarkan. Merupakan kesimpulan dari rangkaian kejadian-kejadian yang di alami oleh tokoh.
4. Re-orientation/Coda: Bagian ini boleh ditulis, boleh juga tidak. Coda berisikan kalimat penutup cerita, seperti nilai moral, nasehat, atau pesan dari sang penulis.


Kebanyakan karya teks naratif atau narrative text dalam bahasa Inggris memiliki susunan grammar yang kurang diperhatikan, padahal dalam menciptakan atau membuat suatu karya tulis dalam Bahasa Inggris, terutama narrative text, grammar dan susunan kata lah yang harus paling diperhatikan. Berikut contoh atau kompilasi contoh narrative text singkat grammar bagus dan general structure yang berupa fable
 

Eagle and the Unlucky Canary'


On a sunny evening in the summer, the breeze was blowing gently. The cool weather made the canary very happy. She flew to a high branch of a tree and sat on it. As the breeze blew, her heart filled with joy and soon she began singing. Her sweet song resounded all around. All the birds and animals around the tree were busy enjoying her sweet song.

A hungry eagle was flying past. He heard the song and looked around. He spotted the canary, flew down and caught her in his claws. But the canary said, "What is the use of eating a small bird like me? Let me go. A strong and able hunter can surely get a larger prey sometime later."

The eagle said, "Do you think I am a fool? I cannot let go of food when I am hungry. I'm afraid that I will get some other prey. Why should I let go of a golden chance now, thinking of what I might get tomorrow?"

So the intelligent eagle quickly ate up the little bird and flew away.



General Structure:

Orientation terletak pada paragraf pertama contoh teks di atas, karena sang penulis mendeskripsikan dan menceritakan dengan detail baik dari segi suasana dan segi karakter. Suasana dapat di tuliskan sesuai dengan keinginan penulis. Bisa saja di tuliskan cuaca, keadaan, tingkat keramaian. Semua tentang latar dari cerita narrative dapat di tuliskan pada bagian awal dari cerita.
Complication terletak pada paragraf kedua, dimana kejadian-kejadian dan pemicu masalah utama terjadi dan dijabarkan disana. Complication disitu juga di ikuti oleh event karena diperlihatkan juga intrik pembahasan dari cerita itu.
Resolution terdapat pada paragraf ketiga, dimana sang penulis menuliskan apa yang terjadi kepada 2 tokoh yang ada di cerita itu. Resolution juga terdapat suatu kesimpulan dari bacaan. Resolution merupakan bagian akhir dari suati narrative atau fable. Disini dituliskan hasil akhir pada suatu cerita atau kejadian. Resolution bertujuan agar para pembaca dapat mengetahui apa yang terjadi dengan para tokoh atau apa yang terjadi setelah permasalahan yang dilakukan oleh para tokoh. 
Re-Orientation di tuliskan pada cerita ini, Re-orientation terdapat pada paragraf ke empat dan juga merupakan penutup dari contoh narrative text di atas.

Semoga contoh - contoh narrative text bahasa Inggris singkat grammar bagus dan general structure yang berupa fable ini bisa membantu kalian. Kalian juga bisa menggunakan atau mengadaptasi cerita ini untuk kepentingan tugas. Dengan ending yang tak terduga, fable semacam ini bisa menjadi media untuk merubah cara pandang kepada pembaca bahwa tidak semua fable berakhir bahagia. Moral Value yang dapat diambil dari cerita ini adalah janganlah kamu meremehkan seseorang atau menggampangkan seseorang, karena bisa saja dia akan rela dan tidak peduli sehingga akan membuatmu celaka.

BACA CONTOH-CONTOH TEXT BERAGAM JENIS GRAMMAR BAGUS

Baca Selengkapnya TIPS dan Panduan Membuat atau Menulis Karya Tulis


Labels: bahasa inggris, contoh text, fabel, fable, fantasy, menulis, narrative text, text

Thanks for reading 4 Contoh Narrative Text Fable Bahasa Inggris Grammar Bagus dan General Structure : Eagle and the Unlucky Canary. Please share...!

0 Comment for "4 Contoh Narrative Text Fable Bahasa Inggris Grammar Bagus dan General Structure : Eagle and the Unlucky Canary"

Back To Top