Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Tips Membaca Soal Teks Efektif untuk Tes IELTS



Apa itu IELTS?
IELTS (International English Language Testing System) merupakan tes kemampuan bahasa inggris yang wajib diambil saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri.
IELTS adalah sebuah tes kemahiran bahasa Inggris yang membuktikan bahwa kalian memiliki standar tertentu dalam bahasa Inggris, baik untuk tujuan bekerja atau belajar. Tes yang akan dijalani bertujuan untuk mengetahui empat skills berbahasa yaitu mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis. IELTS diakui oleh institusi-institusi pendidikan di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong, Irlandia, Afrika Selatan dan sejumlah badan profesional di seluruh dunia termasuk Dinas Imigrasi Selandia Baru dan Dewan Media Inggris General Medical.

IELTS diterima oleh lebih dari 5.000 instansi di seluruh dunia. IELTS tersedia dalam dua format tes yaitu Tes Akademik dan Tes Pelatihan Umum.
Tes Akademik adalah untuk siswa internasional yang ingin belajar di institusi pendidikan tinggi di negara berbahasa Inggris. Sedangkan, Tes Pelatihan Umum cocok untuk orang yang ingin bermigrasi ke negara berbahasa Inggris atau bekerja untuk sebuah organisasi profesional.
Membaca atau “Reading Skill” merupakan salah satu dari 4 aspek yang akan diuji pada IELTS test. Henry Guntur Tarigan berpendapat bahwa “Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis”

Soal reading pada IELTS, pada umumnya akan mempunyai instruksi seperti ini:
You will be allowed 1 hour to complete all 3 sections of the IELTS Academic Reading test.
The three parts of this practice Reading test are presented over three separate web pages. Make sure you move swiftly from one page to the next so that your practice is as realistic as possible.
Time yourself and allow just one hour to complete all three parts.
There are 40 questions in this practice paper. Each question carries one mark.
If you prefer to work offline, download the test paper and blank answer sheet.
Pada kertas soal tes IELTS, instruksi tentang keterangan cara menjawab dan aturan atau panduan juga akan dituliskan. Hal ini berguna agar para peserta tes benar-benar menjalankan tes sesuai dengan prosedur. Instruksi yang akan muncul pada soal tes IELTS antara lain:
INSTRUCTIONS FOR THE CANDIDATES
Do not open this question paper until you are told to do so.
Write your name and candidate number in the spaces at the top of this page.
Read the instructions for each part of the paper carefully.
Answer all the questions.
Write your answers on the answer sheet. Use a pencil.
You must complete the answer sheet within the time limit.
At the end of the test, hand in both this question paper and your answer sheet.
Artinya:
Instruksi untuk peserta:
Dilarang membuka lembar pertanyaan sebelum ada perintah.
Tuliskan nama peserta dan nomor peserta (secara jelas) pada bagian longgar di bagian atas kertas.
Bacalah instruksi tiap bagian pada setiap lembar dengan hati-hati dan teliti.
Jawablah semua pertanyaan yang ada.
Tulislah jawaban kalian pada lembar jawab yang telah disediakan serta dalam kurun waktu yang telah disediakan.
Pada akhir dari ujian, kumpulkan lembar pertanyaan (soal)dan lembar jawab kalian.
INFORMATION FOR CANDIDATES
There are 40 questions on this question paper.
Each question carries one mark.
Artinya:
Informasi untuk peserta:
Akan ada 40 pertanyaan pada lembar soal
Akan ada tanda pada tiap pertanyaan

Bagi kalian yang akan atau berminat dalam mengikuti tes IELTS, saya akan membagi tips membaca soal teks efektif untuk tes IELTS. Selamat membaca!

1. Berlatih secara teratur!
Tidak hanya para atlet saja yang harus berlatih, namun kalian para calon pejuang tes IELTS juga harus terus berlatih untuk membaca soal teks efektif. Membaca majalah dan artikel dalam bahasa Inggris akan sangat membantu kalian dalam meningkatkan pemahaman kalian dalam membaca (comprehension ability). Tips yang pertama ini akan meningkatkan skill membaca (reading skill) kalian dan juga akan meningkatkan kekuatan mengingat kalian. Tidak hanya itu! Teratur lah dan rajinlah untuk berbicara dalam bahasa Inggris, ini akan membuat kalian semakin menguasai dan mengontrol penggunaan grammar dan structure.

2. Kembangkan Daya Pikir secara Cepat (Fast thinking)
Kalian hanya di beri waktu selama 1 jam untuk menyelesaikan tes IELTS reading yang berupa 3 soal teks dengan 40 pertanyaan. Dalam menemukan jawaban yang tepat, kalian harus turut menggunakan kecekatan kalian dalam berpikir. Hal ini dapat di pelajari dengan berlatih dan belajar teratur menggunakan suatu materi (Bahasa Inggris) lalu mempelajarinya.

3. Ikuti instruksi/arahan sang penulis
Tiap bacaan yang terdapat pada tes IELTS merupakan teks yang cukup panjang. Teks yang terdapat pada tes IELTS juga bukanlah teks narrative biasa yang terdapat pada buku SMA atau soal Ujian Nasional. Level atau tingkat kesulitan pada tes IELTS merupakan bacaan yang relatif sulit. Saat kalian membaca, fokuslah dan perhatikan betul pada sudut pandang sang penulis. Terkadang susunan kalimat pada bacaan di IELTS bisa menjebak dan membingungkan. Kalian harus berhati-hati dalam membaca soal IELTS. Dalam memberikan/memilih jawaban, cobalah jawab dengan langsung dan cepat. Baca soal IELTS dengan hati-hati dan langsung kalian jawab. Dalam memilih jawaban, pastikan jawaban sesuai dengan konteks bacaan, baca tiap paragraf apakah jawaban itu sesuai dengan pertanyaannya.


4. Atur sendiri alokasi waktu kalian.
Kalian dituntut untuk mengelola waktu kalian dengan benar dan efektif pada tes IELTS. Kalian harus menyelesaikan soal dengan waktu yang terbatas. Maka dari itu, cobalah pakai waktu kalian dengan bijak tanpa membuangnya dengan stuck atau berhenti pada 1 soal. Kalian memiliki waktu 60 menit, atau satu jam untuk mengerjakan soal reading pada tes IELTS. Terdapat 3 bagian atau 3 soal teks atau bacaan. Kalian harus benar-benar tau berapa lama yang kalian butuhkan untuk mengerjakan tiap soalnya.

5. Tenang dan Percaya Diri
Sudah mempersiapkan diri baik dari materi, fisik dan mental akan membuat kalian jauh lebih percaya diri dalam mengikuti tes terutama tes IELTS. Terkadang, detik-detik menuju suatu tes / tes IELTS akan membuat kalian grogi dan stress. Jadi, daripada kalian membaca buku atau materi, alangkah lebih baik jika kalian mengisi waktu kalian untuk melakukan hal yang santai, relaxing, menyenangkan, seperti berdoa, mendengarkan musik, atau melihat pemandangan.

Semoga tips tips membaca soal teks efektif untuk tes IELTS ini bermanfaat bagi kalian! Sukses untuk kalian semua yang akan melaksanakan tes IELTS! Good Luck!



Labels: bahasa inggris, IELTS, materi, membaca, tips

Thanks for reading Tips Membaca Soal Teks Efektif untuk Tes IELTS. Please share...!

0 Comment for "Tips Membaca Soal Teks Efektif untuk Tes IELTS"

Back To Top