Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

4 Contoh Report Text Bahasa Inggris Mudah beserta Penjelasan dan Structure "Kangaroo"

Pada postingan ini, saya akan membagikan kompilasi contoh report text bahasa Inggris yang mudah beserta penjelasan singkat dan juga generic structure nya. Report text merupakan suatu text yang menggambarkan atau menjabarkan hal-hal yang berkenaan dengan fenomena alam, buatan manusia dan sosial di lingkungan kita.
Report text merupakan jenis teks yang mengumumkan hasil penyelidikan atau mengumumkan sesuatu . Informasi yang diberikan dalam teks laporan misalnya menggambarkan sesuatu seperti benda, manusia, tumbuhan, hewan dan lainnya adalah informasi yang sangat umum. Report text juga merupakan bagian dari materi jenjang SMA, dimana tipe text ini akan muncul di pelajaran mereka serta di soal ujian.
Social function dari report text adalah untuk menyajikan informasi tentang sesuatu secara umum kepada pembaca.
Secara umum, report text menggambarkan hal-hal yang berkenaan dengan fenomena alam , buatan manusia dan sosial di lingkungan kita , seperti : mamalia , planet-planet , batu , tanaman , negara-negara dan kota, budaya , transportasi , dan sebagainya. Dan report text bersifat ilmiah karena menyajikan fakta-fakta sebagai hasil penelitian atau observasi. Report text hendaknya bersifat fakta dan aktual, report text memberikan informasi-informasi yang tidak mengada-ada atau di buat buat. Report text bukanlah suatu text fiksi. Report text harus berdasarkan sumber yang akurat dan penjelasan yang ada di dalamnya merupakan penjelasan yang nyata.

Apa perbedaan report text dan descriptive text? Jika kalian membandingkannya dengan seksama, bedanya adalah recont text menjelaskan sesuatu secara general atau umum sedangkan descriptive text menjelaskan sesuatu yang spesifik atau khusus. Report text juga biasanya bersifat ilmiah.

Generic Structure dari Report Text:
  • General Classification
    berisi pernyataan umum tentang subject yang dibicarakan atau dibahas.
  • Description
    merupakan bagian yang memberikan gambaran secara detail mengenai subject yang dibahas pada bagian general classification.
Silakan membaca kompilasi contoh report text bahasa Inggris yang mudah beserta generic structur, report text ini berjudul 'Kangaroo'

KANGAROO
 The Kangaroo is a common Marsupials from the island of Australia and New Guinea. Marsupials are animals with pouch. They carry their babies in a pouch in the mother’s abdomen.

Kangaroos have two strong legs with two long feet. They have a muscular long rail, large ears and a small head. They have short arms with clawed hands. The soft fur can be blue, grey, red, black, yellow or brown, depending on the species. Females have a pouch in which the young live and drink milk. 

These herbivores ear grass, leaves and roots. They swallow their food without chewing it. Kangaroo need little water, they can go for months without drinking and they dig their own water wells.

These shy animals live about 6 years in the wild and up to 20 in captivity. Most kangaroos are nocturnal. Kangaroos can hop up to 74 kilometers per hour and go over 9 meters in one hop.

Report text yang cukup mudah bukan? Sekaran mari lihat penjelasan serta bagian/generic structure dari report text tersebut. 
"KANGAROO" pada bagian paling atas text merupakan title atau judul dari report textnya. Dalam pembuatan report text, penulisan judul merupakan detail kecil yang penting. Suatu text haruslah terdapat judul. Judul pada report text tidak harus panjang, melainkan harus mencakup kata atau kalimat yang benar-benar menjadi gambaran umum dari cerita atau isi dari suatu report text.
General Classification terletak pada paragraf pertama dari contoh text tersebut, menjelaskan secara singkat tentang objek yang di ceritakan. Pada paragraf pertama ini, di tuliskan penjelasan Kangguru secara umum dan menjadi prolog atau awalan suatu text sebelum beranjak ke deskripsi dan penjelasan lebih rinci dari objek atau topik yang sedang di bicarakan.
Description terletak pada paragraf ke 2 sampai ke 4. Di paragraf itu, di jelaskan lebih rinci dan merupakan penjelasan lebih lanjut dan detail dari topik yang di ceritakan. Pada bagian ini, penulis memberikan informasi lebih lanjut mengenai kangguru. Penulis memberikan penjelasan mengenai ciri-ciri fisik dari kangguru. Penulis juga memberikan gambaran kepada para pembaca tentang kebiasaan atau karakter dari hewan kangguru. Pada bagian deskripsi ini, kalian harus benar benar mengeksplore ide kalian sehingga kalian bisa membuat suatu penjelasan yang variatif tentang topik yang sedang kalian bahas.

Dalam pembuatan report text, tidak ada batas jumlah kata atau kalimat, begitupula dengan jumlah paragraf. Pastikan informasi-informasi yang berkaitan dengan topik atau objek tertulis dengan jelas dan rapi. Usahakan dalam membuat report text, informasi yang di berikan harus tertata secara urut. Jika kalian menuliskan karakter fisiknya, maka selesaikanlah uraian tentang karakter fisik nya dahulu, lalu di lanjutkan dengan penjelasan non fisik.
Bagaimana? Report text kangaroo ini cukup mudah bagi kalian yang sedang berada di tingkat SMP ataupun SMA. Semoga contoh report text bahasa Inggris yang mudah beserta penjelasan generic structure nya ini bermanfaat bagi kalian.

Labels: bahasa inggris, contoh text, generic structure, report text

Thanks for reading 4 Contoh Report Text Bahasa Inggris Mudah beserta Penjelasan dan Structure "Kangaroo". Please share...!

1 Comment for "4 Contoh Report Text Bahasa Inggris Mudah beserta Penjelasan dan Structure "Kangaroo""

http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/tren-wanita-nikahi-brondong-berakhir.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/raffi-ahmad-bilang-jodoh-seperti-sampah.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/ibu-hamil-baiknya-konsumsi-ini-agar.html

QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!

Back To Top