Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Contoh Contoh Text Narrative Fable Grammar Bagus Penjelasan dan Structure : Revenge of The Fox

Di blog ini saya akan menuliskan beberapa contoh atau kompilasi contoh narrative text singkat grammar bagus dan general structure yang berupa fable. Kompilasi contoh text fable dengan grammar bagus ini berjudul 'Revenge of The Fox' yang berarti 'Pembalasan si Rubah'.
Kebanyakan karya teks naratif atau narrative text memiliki susunan grammar yang kurang diperhatikan, padahal dalam menciptakan atau membuat suatu karya tulis dalam Bahasa Inggris, grammar dan susunan kata lah yang harus paling diperhatikan. Berikut contoh atau kompilasi contoh narrative text singkat grammar bagus dan general structure yang berupa fable.

Sebelumnya saya akan mereview sedikit tentang narrative text,
Semua orang pasti sudah tahu atau paling tidak pernah mendengar kata Narrative Text sebelumnya. Narrative Text merupakan jenis teks bahasa inggris yang sering muncul dan di ajarkan pada tingkat pendidikan SMP atau SMA. Tapi apa sih sebenarnya Narrative Text itu? 
Narrative Text adalah teks yang menceritakan sesuatu yang imajinatif atau sesuatu yang hanya khayalan belaka dan tujuannya hanya untuk menghibur pembaca. Narrative text dapat berupa fabel, fantasy, romance, atau cerita petualangan. 

Lalu apa tujuan dari narrative text? 

The purpose (tujuan) dari Narrative Text adalah to amuse or entertain the readers. Yang artinya, tujuan dari teks narasi (Narrative Text) adalah untuk menghibur para pembaca. Dengan menampilkan konflik yang menarik di bagian tengah dari sebuah teks narasi, para pembaca akan terhibur dan akan menjadi penarasan sehingga mereka akan membaca cerita tersebut hingga selesai. Kebanyakan karya teks naratif atau narrative text memiliki susunan grammar yang kurang diperhatikan, padahal dalam menciptakan atau membuat suatu karya tulis dalam Bahasa Inggris, grammar dan susunan kata lah yang harus paling diperhatikan. Berikut beberapa contoh atau kompilasi contoh narrative text mitos. Contoh kali ini merupakan narrative text yang berupa fabel atau fable dalam bahasa Inggris. Cerita 

Fabel adalah cerita rakyat yang difungskan sebagai media hiburan sekaligus pendidikan, terutama di tujukan untuk anak anak. Cerita jenis ini lebih diperankan oleh hewan yang dikisahkan dalam bentuk cerita pendek. Negara Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak cerita jenis fabel. Selain itu, bisa dikatakan bahwa Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Cerita tersebut tidak mungkin kisah nyata. Fabel adalah cerita fiksi, maksudnya khayalan belaka. Kadang fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Secara etimolgis fabel berasal dari bahasa latin kata fabulat. cerita fabel merupakan cerita tentang kehidupan hewan yang menyerupai manusia. Cerita fabel termasuk jenis cerita fiksi bukan cerita tentang kehidupan nyata, cerita fabel disebut juga cerita moral karena pesan yang ada didalam cerita fabel mengandung moral. 

Apa saja General Structures pada Narrative Text?

1. Orientation: Pembukaan dalam narrative text yang menceritakan tokoh-tokoh yang berperan, dimana, dan kapan cerita tersebut terjadi. Orientation terdapat pada awal dari suatu teks.
2. Complication: Pada bagian ini, permasalahan dalam cerita mulai muncul hingga menuju pada klimaksnya. Biasanya konflik yang terjadi melibatkan tokoh utamanya. Hal-hal apa saja yang menimpa tokoh serta kejadian-kejadian apa saja yang ada pada cerita. Setelah complication, biasanya akan di ikuti oleh bagian yang di sebut event. Event disini merupakan rangkaian kejadian kejadian yang ada dalam cerita.
3. Resolution: Pada bagian ini, masalah yang terjadi diselesaikan, baik dengan akhir yang bahagia maupun sedih. Akan terdapat jalan keluar atau hasil dari permasalahan yang telah di jabarkan. Merupakan kesimpulan dari rangkaian kejadian-kejadian yang di alami oleh tokoh.
4. Re-orientation/Coda: Bagian ini boleh ditulis, boleh juga tidak. Coda berisikan kalimat penutup cerita, seperti nilai moral, nasehat, atau pesan dari sang penulis.

 
Revenge of the Fox



Once a hungry fox entered a village. He went near a field with large juicy melons. He looked around and saw no one around. So he quickly bit into a
melon. Just as he finished eating it, the farmer whose field it was, rushed to him and said, "How dare you eat my melon?"

"Please sir, I was hungry and I ate just one of them." But the angry farmer took a piece of cloth and dipped it in kerosene oil. Then he tied the oily cloth around the fox's tail and lit a match to it. The fox's tail was on fire and he was in pain. Now the fox was angry, "You are punishing me for just one
melon. Now it's my time to take revenge."

The fox went to the wheat field that belonged to the same farmer. The ripe wheat was standing to be harvested. The fox jumped around the field with his burning tail. Immediately the crops caught fire and soon turned to ashes.

The farmer thought, "If I had forgiven the fox's small sin, he would not have caused such a huge damage to me." 



Moral Value pada cerita diatas adalah janganlah kamu mudah untuk menyerah dan mudah lengah, terutama pada seseorang yang sudah pernah melakukan hal jahat kepadamu. Hal ini terbukti bahwa si rubah melakukan pembalasan karena dia merasa tidak terima. Namun, dalam cerita inibisa pula di anggap bahwa disini Petani merupakan orang yang pelit, sehingga dia mendapatkan balasan atas keserakahannya atas hartanya.

Orientation pada contoh diatas terdapat pada paragraf pertama. Di paragraf pertama, dijelaskan pengenalan dari karakter, tempat dan suasana. Di paragraf pertama dijelaskan bahwa ada ada rubah yang kelaparan mencari makanan. Dan di tuliskan pula, rival dari tokoh rubah yaitu farmer/petani.

Complication  terdapat pada contoh terdapat pada paragraf kedua. Di paragraf kedua dijelaskan suatu intrik dimana karakter menemukan apa yang harus dilakukan. Di sini pula masalah utama pada cerita itu terkuak.

Resolution terdapat pada paragraf ketiga dimana dituliskan bahwa karakter sudah menemukan cara untuk memecahkan suatu masalah, dan hasil dari pemecahan masalahnya di jabarkan disini. Apa saja yang dilakukan oleh tokoh setelah adanya suatu permasalahan.

Re-Orientation terdapat pada paragraf terakhir. Re-orientation dalam cerita narratif memang terdapat pada bagian akhir. Karena di bagian ini, terdapat suatu kalimat yang berisi nilai moral atau nasehat. Pada contoh Narrative text di atas, di tuliskan bahwa sang petani kecewa atau menyesal karena telah melepas dan membiarkan rubah pergi begitu saja.

 Sekian contoh contoh text narrative yang berjudul Revenge of The Fox. Semoga bacaan ini bermanfaat bagi kalian para pembaca.

BACA CONTOH-CONTOH TEXT BERAGAM JENIS GRAMMAR BAGUS

Baca Selengkapnya TIPS dan Panduan Membuat atau Menulis Karya Tulis


Labels: bahasa inggris, cerpen, contoh text, fable, narrative text, text

Thanks for reading Contoh Contoh Text Narrative Fable Grammar Bagus Penjelasan dan Structure : Revenge of The Fox. Please share...!

0 Comment for "Contoh Contoh Text Narrative Fable Grammar Bagus Penjelasan dan Structure : Revenge of The Fox"

Back To Top