Materi Sekolah dan Kuliah

Materi-materi dan bahan ajar sekolah kuliah bermanfaat (mayoritas bahasa Inggris) yang mungkin kamu gunakan di kelas. Tingkatkan kualitas dirimu dengan membaca! EXPLORE THE 'OLDER POSTS' FOR MORE CHALLENGES

Announcement Text Sederhana Generic Structure kelas 10 SMA RPP Kompetensi Dasar

Teks Announcement atau Announcement Text ini termasuk dalam materi pembelajaran kelas 10 SMA. Dalam menyampaikan materi Announcement text ini, para calon pengajar harus membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Berikut Kompetensi Dasar yang mencakup tentang materi Announcement text:

Kompetensi Dasar:
3.5  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya


4.5  Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis,  pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
----------------------------------------------------------------------------------------------

Announcement is a text that describes a notification about an event that will be held, and is more for the general audience.
Announcement atau pemberitahuan/pengumuman adalah suatu text baik berupa lisan atau tulisan yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang pemberitahuan suatu acara kepada para pendengar / masyarakat umum.
Pengumuman dalam bahasa Inggris disebut dengan 'Announcement'. Materi announcement text ini merupakan materi wajib bagi siswa kelas X SMA, karena termasuk dalam silabus. Materi ini cukup mudah untuk dipelajari, akan tetapi butuh waktu secara bertahap untuk dapat membuat atau memproduksi suatu teks announcement.

Announcement Text atau teks announcement adalah sebuah functional text atau teks yang memiliki suatu fungsi atau tujuan yang menunjukkan pemberitahuan resmi atau tidak resmi dalam bentuk lisan atau tulisan yang berisikan suatu pesan dan informasi untuk diketahui oleh banyak orang, biasanya pengumuman dapat berupa sebuah ajakan. Kita dapat mendengar atau melihat Announcement dimana-mana seperti di majalah, koran, mading, tempat ibadah, tempat umum, Televisi, Radio, dan lain lain.

Jenis teks Announcement ada bermacam-macam, contohnya Lowongan pekerjaan, Penerimaan murid baru, Pengumuman sebuah acara, Pemberitahuan dari pemerintah, Pengumuman Majalah dinding, pengumuman kejuaraan.

Berikut contoh announcement text sederhana dan generic structure untuk kelas 10 SMA.


1. Title
The title of an announcement text usually describes a general overview. For example, English
Debate. ("judul teks announcement biasanya  menggambarkan gambaran umum, Contoh lomba debat bahasa inggris".) 
2. Explanation
This is the part of the text that contains the
details of the event. For example, the time of an even, place, an other informations needed. ("bagian dari text yang berisi rincian dari acara yang diumumkan. Contohnya, waktu acara, tempat, dan informasi lain yang diperlukan.")

3. More Information/Contact Person (Berisi informasi pelengkap)


Dalam membuat teks announcement, pastikan kalian telah menuliskan tujuan penulisan, siapa yang membuat pengumuman itu dan kapan suatu kejadian akan terjadi. Dari contoh ini, sudah dituliskan tentang Hari, tanggal, dan dimana suatu acara akan dilaksanakan. Penulis juga memberikan informasi mengenai contact person dari pihak yang membuat pengumuman. Contact person dapat berupa nomor telepon atau email. Selain itu, setelah kalimat ajakan, pastikan bahwa kalian menggunakan tanda seru. 

Semoga penjabaran kompetensi dasar dan juga materi berupa contoh announcement text atau teks announcement sederhana ini dapat berguna bagi kalian para pembaca! 

BACA PULA CONTOH CONTOH TEXT BAHASA INGGRIS BAGUS

Contoh Announcement Sederhana:


For all students of SMAN Lestari 1, we will hold a School Anniversary.
Day:  Monday - Tuesday
Date: 17 July 2012
Time: 08.00 – 12.00 a.m
Each class must participate in the following contest :
     Classroom Cleanness
     Speech Contest
     Cooking Contest
The contest will be judged by the Teachers.
For further information,  please contact Mr. Sujoko
 
Labels: announcement, bahasa inggris, contoh text, text

Thanks for reading Announcement Text Sederhana Generic Structure kelas 10 SMA RPP Kompetensi Dasar. Please share...!

1 Comment for "Announcement Text Sederhana Generic Structure kelas 10 SMA RPP Kompetensi Dasar"

Back To Top